Teks -- Kejadian 18:23-33 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Jerusalem: Kej 18:1-33 - -- Dalam sadurannya yang terakhir kisah yang berasal dari tradisi Yahwista ini menceritakan suatu penampakan Tuhan, Kej 18:1,10-11,13,22. Tuhan didamping...
Dalam sadurannya yang terakhir kisah yang berasal dari tradisi Yahwista ini menceritakan suatu penampakan Tuhan, Kej 18:1,10-11,13,22. Tuhan didampingi dua "orang" yang menurut Kej 19:1 adalah dua malaikat. Teks kisah itu kurang menentukan (seperti juga terasa dalam varian-varian yang terdapat dalam Pentateukh orang Samaria dan dalam terjemahan Yunani): kadang-kadang pelakunya hanya satu orang saja (dipakai bentuk tunggal) dan kadang-kadang pelakunya ada beberapa orang (pakai bentuk jamak). Dalam diri tiga orang yang oleh Abraham disapa sebagai satu (Tuhanku) sejumlah besar pujangga Gereja melihat tersingkap rahasia Allah Tritunggal yang sepenuh-penuhnya dinyatakan dalam Perjanjian Baru. Ceritera ini menyiapkan kisah yang termuat dalam bab berikut, Kej 18:19, yaitu kisah mengenai ilahi. Si Yahwista memanfaatkan (sambil menyadurnya seperlunya) sebuah hikayat tua mengenai penghancuran Sodom. Dalam hikayat itu berperanlah tiga tokoh ilahi. Hikayat tua itu menjadi bagian inti suatu rangkaian ceritera tentang Lot. Kemudian ceritera-ceritera itu dikaitkan pada riwayat Abraham.
Jerusalem: Kej 18:24 - Bagaimana.... Tersingkaplah dalam nas ini suatu persoalan yang aktuil di segala zaman:Perlukah orang benar menderita bersama-sama dengan orang jahat dan oleh karena...
Tersingkaplah dalam nas ini suatu persoalan yang aktuil di segala zaman:Perlukah orang benar menderita bersama-sama dengan orang jahat dan oleh karena mereka? Rasa tanggung jawab bersama begitu kuat dalam hati orang Israel dahulu, sehingga ayat ini tidak mempersoalkan, apakah orang benar dapat diselamatkan secara perorangan. Memang Allah akan menyelamatkan Lot beserta keluarganya, Kej 19:15-16. Soal tanggungjawab pribadi baru dikemukakan dalam Ula 7:10; 24:16; Yer 31:29-30; Yeh 14:12-23 dan Yeh 18:1-32 (lih catatan-catatan). Abraham menerima saja bahwa semua orang harus mengalami nasib yang sama. Tetapi ia bertanya apakah beberapa orang benar dapat memperoleh pengampunan bagi banyak orang jahat. Jawaban Tuhan membenarkan bahwa orang benar di dunia berperan sebagai penyelamat. Akan tetapi dalam usaha tawar-menawar dengan kerahiman Allah Abraham tidak berani menyebut kurang dari sepuluh orang benar. Menurut Yer 5:1 dan Yeh 22:30 allah akan mengampuni kota Yerusalem, jika di dalamnya ditemukan seorang saja yang benar. Menurut Yes 53 seluruh umat diselamatkan oleh karena penderitaan Penyelamat yang seorang saja. Tetapi nubuat ini baru dipahami setelah terlaksana oleh Kristus.
Jerusalem: Kej 18:25 - menghukum dengan adil? Bdk Rom 3:6. Dalam menghukum beberapa orang benar terkandung ketidakadilan lebih besar dari pada dalam menyelamatkan banyak orang yang bersalah.
Bdk Rom 3:6. Dalam menghukum beberapa orang benar terkandung ketidakadilan lebih besar dari pada dalam menyelamatkan banyak orang yang bersalah.
Ende -> Kej 18:25
Ende: Kej 18:25 - -- Ibrahim diperkenankan mengadjukan permintaan-permintaan kepada Tuhan, karena ia
orang saleh dan berkenan kepada Tuhan. Dalam permohonannja ternjata si...
Ibrahim diperkenankan mengadjukan permintaan-permintaan kepada Tuhan, karena ia orang saleh dan berkenan kepada Tuhan. Dalam permohonannja ternjata sifat orang semit sedjati, jang pandai memperdjoangkan maksud-maksudnja.
Ref. Silang FULL: Kej 18:23 - orang fasik · orang fasik: Kel 23:7; Im 4:3,22,27; Bil 16:22; Ul 27:25; 2Sam 24:17; Mazm 11:4-7; 94:21; Yeh 18:4; 2Pet 2:9
· orang fasik: Kel 23:7; Im 4:3,22,27; Bil 16:22; Ul 27:25; 2Sam 24:17; Mazm 11:4-7; 94:21; Yeh 18:4; 2Pet 2:9
Ref. Silang FULL: Kej 18:25 - berbuat demikian // orang benar // seolah-olah sama // Masakan Hakim // dengan adil · berbuat demikian: Kej 44:7,17; Ul 32:4; Ayub 8:3-7; 34:10
· orang benar: Yes 5:20; Am 5:15; Mal 2:17; 3:18
· seolah-olah sama: ...
· berbuat demikian: Kej 44:7,17; Ul 32:4; Ayub 8:3-7; 34:10
· orang benar: Yes 5:20; Am 5:15; Mal 2:17; 3:18
· seolah-olah sama: Ul 1:16-17
· Masakan Hakim: Hak 11:27; Ayub 9:15; Mazm 7:12; 94:2; Ibr 12:23
· dengan adil: Kej 20:4; Ul 32:4; 2Taw 19:7; Ezr 9:15; Neh 9:33; Ayub 8:3,20; 34:10; 36:23; Mazm 58:12; 75:8; 94:2; 119:137; Yes 3:10-11; Yeh 18:25; Dan 4:37; 9:14; Mal 2:17; Rom 3:6